Laman

Selasa, 09 September 2014

Red Velvet Cake

Pas hari ulang tahun suami, kebetulan dirumah lagi rame karena ada mertua sama abang suami. Mumpung rame terbersitlah ide untuk merayakannya. Biasanya sih, cuma bikin cake dan makan bersama anak-anak di luar. Langsung saja pagi harinya mencatat apa aja yang mau dibeli. Catatan sudah siap dan meluncur ke pasar. Rencana mau bikin tumpeng nasi kuning, red velvet cake, eclair dan es campur...
Setelah belanja , langsung terjun ke dapur dan...menyiapkan semuanya. Dan alhamdulillah  semua sudah siap.   Tetapi sayang, tumpengnya ga sempet didokumentasikan . Yang sempet difoto cuma red velvet sama eclair. Tapi gapapa, sekarang kita intip yuk cara membuat red velvet cake nya.

Red Velvet Cake
by Yadi hf & Ricke indriani



Bahan :
125 g unsalted butter ( sy pake margarin)
250 g gula kastor
2 btr telur ukuran besar
1 sdt vanili

250 ml buttermilk*
2 sdt red food coloring
campurkan  aduk rata

250 g terigu protein rendah (sy pake protein sedang, segitiga)
15 g coklat bubuk(gunakan yang warnanya kemerahan, sy pake merek bensdroops)
1/2 sdt garam
1/2 sdt baking powder

1 sdt cuka makan(karena ga ada cuka, sy pake jeruk nipis)
1 sdt soda kue
Dicampurkan sesaat sebelum dimasukkan ke dalam adonan

Cara membuat :
1. Panaskan oven suhu 180 derajat celsius.
2. Siapkan loyang bulat diameter 18-20 cm.Olesi bawahnya dengan mentega kemudian taburi terigu atau di lapisi kertas roti.
3. Campur terigu, garam,coklat bubuk dan baking powder, ayak dan sisihkan.
4. Kocok butter sampai lembut. Masukkan gula kastor. Kocok kembali hingga mengembang (light & fluffy). Masukkan telur satu per satu dan kocok rata. Masukkan vanili kocok rata.
5. Dengan mixer kecepatan rendah, masukkan campuran terigu bergantian dengan buttermilk sambil dikocok rata, (terigu dalam 3 bagian, buttermilk dalam 2 bagian), matikan mixer
6. Campurkan soda kue dan cuka makan ( akan berdesis dan berbusa). Segera masukkan campuran ini ke dalam adonan. Aduk rata dengan spatula, tuang ke dalam loyang dan masukkan ke dalam oven.
7. Panggang sampai matang kurang lebih 30 menit.

Cream cheese frosting
 Saya ga pake timbangan asal campur aja buttercream, cream cheese dan cheese spread. Tetapi mungkin cream cheesenya kurang banyak kali ya jadi masih cenderung agak manis tapi sudah berasa kejunya

Buttermilk
1. Susu segar atau susu UHT dalam suhu ruang diberi 1 sdt air jeruk nipis aduk rata dan diamkan sebentar sampai muncul gumpalan.

Penyelesaian
1. Belah cake menjadi 2 . oleskan cream cheese frosting kemudian tutup dengan cake lagi dan tutupi semua cake dengan cream cheese frosting dan hias sesuai selera.

Alhamdulillah selesai juga akhirnya. Memang prosesnya agak ribet, tetapi setelah melihat hasilnya terbayar sudah. Hayoo...siapa mau coba???Kalau gamau ribet, silahkan diorder aja....monggo.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar