Laman

Selasa, 09 September 2014

Pandan Chiffon Cake

Chiffon cake, teksturnya lembut ,moist dan kalo dipotong kedengeran suara kepes2 kayak sponge. Penasaran banget pengen bikin, akhirnya saya pilih resep dari ricke indriani. Saya suka resep-resepnya enak dan kalo dicoba slalu berhasil. Saya jadi penggemarnya mba ricke.Selain rasa cakenya enak, kalo menghias juga detail.
Pas udah jadi adonannya dan dituang dalam loyang chiffon diameter bawah 20cm,kok hampir penuh khawatir juga nanti adonannya luber waktu dioven. Ternyata pas dioven, adonannya naik tinggi banget dan ga luber. Oh senangnya....Langsung saja dibalikin  ke botol. Dan untuk menjaga keseimbangan botol bawahnya saya kasih beras hehe..Trink..lucu juga waktu posisi terbalik sama was-was kalo cakenya jatuh. Akhirnya setelah dingin ,foto sebentar dan dipotong.Kepes2 bunyi cakenya saking ringan kayak sponge dan lembut banget. Cocok untuk temen minum teh. Langsung saja kita lihat yuk resepnya.

Pandan Chiffon Cake
by Ricke Indriani


Bahan A:
100 gr tepung terigu
11/2 sdt baking powder
10 gr susu bubuk
10 gr maizena

Bahan B:
5 kuning telur
50 gr gula pasir (sy pake 70 g)
11/2 sdt pasta pandan
65 ml santan kental
65 ml minyak goreng
1/2 sdt vanili

Bahan C:
7 putih telur
75 g gula pasir(sy pake 95 g)
1/2 sdt garam
1 sdt air jeruk nipis

Cara membuat :
1. Bahan A: Campur dan ayak semua bahan, sisihkan.
2. Bahan B: Kocok kuning telur dan gula pasir sampai creamy dan kental. Masukkan santan, pasta pandan dan vanili. Aduk rata. Masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Terakhir masukkan minyak goreng, aduk rata, sisihkan.
3. Bahan C: Kocok putih telur dan garam sampai berbusa dan setengah mengembang. Masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil dikocok sampai kaku.
4. Campur 1/3 adonan putih telur ke dalam adonan hijau, aduk rata. Lakukan hal yang sama sampai adonan putih telur habis.
5. Tuang ke loyang chiffon tanpa dioles.Panggang dengan suhu 150-160 derajat celsius selama kurleb 60 menit sampai matang.
6. Angkat dan segera balikkan pada botol. tunggu sampai dingin baru dikeluarkan dari loyang.

Ini dia waktu membalik cake pada botol

Silakan yang mau mencoba resepnya , bila ga sempet bikin dan gak mau ribet please call me hehehe......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar